Sunday, September 2, 2018

Selain Rajin Oles Skin Care, Yuk Dapatkan Kulit Kenyal dengan Empat Makanan Ajaib Perangsang Kolagen





Tinggal  di iklim tropis dan seiring bertambahnya usia, membuat lapisan epidermis kulit menjadi kering dan bersisik jika tidak dirawat. Untuk itu memiliki kulit yang kenyal, elastis dan sehat merupakan dambaan para wanita.
Nah, bagaimana cara mendapakan kulit yang sehat, kencang sehingga terlihat selalu fresh tanpa perlu mengeluarkan kocek yang lebih?

wah, selain rajin oles skin care, yuk dapatkan kulit kenyal dengan empat makanan ajaib perangsang kolagen

 
Manfaat Kolagen Dalam Tubuh
Bukan rahasia lagi, seiring pertambahan usia, produksi kolagen akan menurun. Di saat struktur sel tubuh menjadi lemah, kesehatan kulit pun akan menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga tak ayal rambut berubah kusam, elastisitas otot berkurang, persendian menjadi kaku, dan muncul keriput.
Wah, Sepenting itukah kandungan kolagen untuk kulit kita?
Ya, Kolagen merupakan jenis protein berserat yang terdapat pada kulit, jaringan ikat, tulang rawan, dan otot. Karena bentuknya yang berserat, kolagen dapat menyokong dan menghubungkan berbagai jaringan tubuh dan organ internal. dan membantu regenerasi kulit, serta menjaganya tetap halus dan lembut 

Makanan yang Mengandung Kolagen
1.            Ikan
Tahukah Anda, ikan menempati posisi teratas sebagai makanan perangsang kolagen dibandingkan makanan lainnya.  Tak pelak itulah kenapa asam omega-3 dalam ikan sukses mempertahankan struktur kulit Anda agar tetap kencang.
Tak hanya itu, ada juga kandungan kolagen peptida pada ikan yang dapat mempertahankan kelenturan kulit dan juga menambah kepadatan mineral tulang yang baik untuk mencegah inflamasi pada penderita osteoarthritis.
Hal ini dikarenakan jenis kolagen yang terkandung di dalam kulit ikan adalah kolagen tipe 1, yaitu kolagen yang berperan utama dalam menjaga kesehatan kulit, jaringan ikat, dan kekuatan otot.

2.            Gelatin
Gelatin merupakan protein yang dihasilkan dari produk hewani. Ia merupakan  sumber kolagen yang paling mudah diserap tubuh, meski tentu saja kita harus rutin mengonsumsinya.
Gelatin didapat dengan cara antara lain memasak jaringan ikat pada sapi atau babi. Adapun jaringan ikat itu bertekstur kenyal seperti agar-agar, yang berfungsi meningkatkan kualitas kulit, rambut, dan juga mengikat beberapa jaringan tubuh, sehinggs memperkuat ikatan antar tulang, sendi, dan kuku.

3.            Kaldu Tulang Sapi
Kaldu tulang sapi cukup mudah untu diperoleh, yaitu dengan cara merebus tulang dan jaringan ikat sapi. Setelah matang, kolagen akan bercampur dengan air. Inilah mengapa kaldu tulang sapi biasanya kental.
Sama halnya seperti gelatin, kaldu tulang sapi juga memiliki kegunaan dalam mempertahankan kesehatan kulit, rambut, dan tulang.
Tak hanya didapat dengan cara merebus kaldu sapi, Anda juga bisa memperoleh kaldu tulang sapi dalam bentuk bubuk.

4.            Telur
Kolagen juga bisa ditemukan pada telur, khususnya pada bagian membran dan kuning telur. Putih telur yang mengandung asam amino lisin dan prolin ini tidak lain merupakan komponen utama pembentuk kolagen.
Sayangnya, membran telur biasanya akan mengalami denaturasi sehingga kandungan kolagen berkurang. Untuk itu Anda dapat kolagen telur dalam bentuk suplemen.


Makanan Peningkat Produksi Kolagen
1.            Makanan Mengandung Likopen
Dengan rajin mengonsumsi makanan berwarna merah cerah seperti tomat, paprika merah, dan pepaya, Anda sebenarnya sudah selangkah lebih dekat menuju pencegahan penuaan dini, karena makanan tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen.
Dalam sebuah penelitian yang melibatkan wanita usia 50—60 tahun, pemberian likopen selama empat bulan dapat meningkatkan produksi kolagen dan menurunkan enzim-enzim yang menyebabkan stres oksidatif sel-sel tubuh.
Selain itu, likopen juga bersifat antioksidan dan dapat melindungi DNA sel dari radikal bebas.

2.            Buah-Buahan Sitrus
Bahan baku kolagen adalah lisin dan prolin. Untuk mengubah lisin dan prolin menjadi kolagen, tubuh membutuhkan vitamin C yang berasal dari buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan limau.
 Selain itu, vitamin C juga dikenal dapat mencegah enzim-enzim pemecah dan radikal bebas untuk menguraikan kolagen.

3.            Makanan Mengandung Sulfur
Sulfur merupakan mikromineral yang dibutuhkan dalam proses pembentukan kolagen. Sumber sulfur biasanya berupa daging sapi, ayam, telur, produk susu, bawang, brokoli, dan kol.
Sulfur menunjang pembentukan kolagen bersama dengan tiamin, vitamin C, dan asam pantotenat yang dibutuhkan dalam proses metabolisme dan keberlangsungan saraf yang sehat.





Lalu Apa Saja yang Bisa Menurunkan Produksi Kolagen?
Produksi kolagen dapat menurun karena penyebab internal seperti penyakit autoimun. Namun, dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi gula secara berlebihan juga dapat menurunkan produksi kolagen alami karena karena glukosa mengikat protein.
Tak hanya gula berlebih, paparan sinar ultraviolet,  oksidasi akibat asap rokok dan polusi juga bisa merusak, atau menurunkan produksi kolagen pada tubuh loh.
Wah, yuk kita ekstra merawat kulit kita dari dalam dan luar tubuh.

No comments:

Post a Comment